Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi Dalam Pemodelan Desain Grafik

Tugas Tentang Pengaruh Kebudayaan dan Pemodelan Desain Grafik

Septian Nugroho

56415482

3IA21

Syefani Rahma Deski


Pengaruh kebudayaan dan juga teknologi dari suatu desain pemodelan grafis. Budaya yang digunakan sebagai sumber pemikirnan utnuk mengembangkan suatu desain grafis. Banyak budaya kita yang menarik digunakan sebagai desain grafis, sebagai contohnya adalah kerajinan kain daerah, keramik dan masih banyak lainnya.



Dengan semakin majunya perkembangan teknologi maka semakin mudah bagi kita untuk menciptakan karya desain grafis dengan waktu yang cepat dan kita pun bisa menghasilakn banyak sedali desain grafis sehingga lebih mengefisienkan segalanya.


Desain Pemodelan Grafis juga berkaitan erat dengan grafik komputer.

Berikut kegiatan yang terkait dengan grafik komputer :

· Pemodelan geometris yaitu menciptakan model matematika dari objek- objek 2D dan 3D.

· Rendering yaitu memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.

· Animasi yaitu menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu.

· Kerangka Grafik Komputer.

· Graphic library/package (contoh:Open GL) adalah perantara aplikasi dan display hardware

(Graphic System.

· Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics

· Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.

· Citra merupakan hasilakhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dll.


Bidang- bidang studi yang berkaitan dengan desain pemodelan grafis

Teknik Elektronika


Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi mausia-komputer.


Psikologi

Psikologi perilaku dan kognitif dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia.

Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.


Ergonomi


Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.


Ilmu Bahasa

Komunikasi manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.


Sosiologi

Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.


Antropologi

Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.


Desain Grafis dan Tipografi

Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.



Manfaat Desain Pemodelan Grafik dalam berbagai Bidang

Bidang Pendidikan


Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.


Bidang Hiburan

Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.


Bidang Perancangan


Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.


Bidang Budaya


Dengan membuat desain dimedia komputer, kita dapat langsung men-share hasil karya kita keseluruh dunia melewati internet pastinya, jadi seluruh budaya bangsa ini bisa dapat dikenal dengan mudah oleh dunia. Cukup mudah untuk memperkenalkan suatu budaya negara ke dunia, kita tinggal membuat desainnya dikomputer menggunakan software model grafik, hasilnya selesai langsung dishare melalui internet.


Bidang Teknologi

Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka.



Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Desain Pemodelan Grafis

Kebudayaan

Desainer menggunakan berbagai cara untuk menyampaikan artinya, dan sering kali memanfaatkan norma-norma budaya bersama, nilai-nilai, sejarah dan bahasa. Penggunaan simbol atau tokoh heroik dari masa lalu untuk mendukung atau mewakili sudut pandang atau kualitas tertentu. Selain itu, kebudayaan yang digunakan dalam desain pemodelan grafis secara tidak sengaja telah memberitahukan jati diri desainernya.


Teknologi

Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka.


Desain Pemodelan Grafis dari Segi Interaksi Manusia dan Komputer :

Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Sistem harus sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.


Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer serta pegaruh kebudayaan :

Tujuan utamanya mempermudah pengguna computer dalam menjalankan berbagai aktifitas yang menggunakan computer, kaitannya dengan kebudayaan yaitu tidak menghilangkan suatu kebiasaan yang turun temurun dalam menggunakan computer, atau dalam suatu pembuatan desain menggunakan corak batik yang berbau kebudayaan, agar ramah dan tidak menghilangkan unsur kebudayaannya.


Isi jurnal diatas :

Dari isi jurnal di atas dapat disimpulkan bahwa kebudayaan dapat mempengaruhi dalam pemodelan desain grafik. Missal dalam pendesainan gedung, rumah dapat di masukkan unsur kebudayaanya missal corak, bentuk, dan hiasa, di jaman skrng dalam pembuatan pemodelan grafik bisa dengan cara 3D.


Pendapat tentang Jurnal tersebut :

Pada ke 2 jurnal tersebut hanya menjelaskan secara umum, tidak terlalu mendetail dan tidak menjelaskan kemajuan perkembangan teknologi dalam mempengaruhi kebudayaan saat ini.

SUMBER :

Komentar

  1. Casinos like mFortune Casino (2021) - Dr. Maryland
    The 군산 출장마사지 Casino is 강릉 출장샵 located near the 광주 출장샵 top of Ocean 천안 출장샵 Downs and within a 15-minute drive of Ocean Casino, a golf course. The 영천 출장안마 casino also has a

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan DKV dan Seni Murni

GEPENG DAN WANITA MALAM