Desain Permodelan Grafik - Perbedaan Game 2D dan 3D (PENULISAN)
Mata Kuliah : Desain Permodelan Grafik
Nama : Septian Nugroho
NPM : 56415482
Kelas : 3IA21
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
Perbedaan
Game 2D dan 3D
Perbedaan
Game 2D dan 3D
Seiring
perkembangan dunia game dan teknologi grafis, maka berkembang teruslah
model-model yang terus diperkenalkan pada dunia game ini. Mulai dari game Dua
Dimensi (2D) hingga game Tiga Dimensi (3D), bahkan ada beberapa game yang sudah
memakai teknologi Augmented Reality atau Virtual Reality. Hal ini sedikit
banyaknya mempengaruhi seluruh pembuatan game dari perusahaan-perusahaan
pembuat game. Bahkan dari vendor-vendor penyedia kartu grafis guna
memfasilitasi dan mendukung agar game-game yang keren seperti 3D dapat dan
mampu berjalan pada komputer.
1. Game 2D
Game dua dimensi dilihat dari keadaan ruangnya yang
hanya memiliki dua sisi ( X dan Y). Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat
menggunakan Vector maupun Bitmap. Untuk membuat animasi bergerak
(berjalan,melompat,berlari,dll) kita harus membuat gambar satu persatu yang
disebut dengan (frame). Kerealisasian gerakan ditentukan
dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang digunakan, serta hitungan
gambar per detik (frame per second). Game dua dimensi ini memiliki 2
konsep, yaitu:
- Static View, dimana semua objek berada pada satu bidang dan gerakan karakter utama hanya terbatas pada bidang itu saja.
- Static View, dimana semua objek berada pada satu bidang dan gerakan karakter utama hanya terbatas pada bidang itu saja.
- Side Scrolling View, dimana objek-objek dan
gambar latar akan terus bergerak ke kanan dan ke kiri sesuai dengan kecepatan
gerakan karakter yang dimainkan.
Contoh: Pac-man, Space Invader, Mario Bros, dan
game-game sederhana lainnya.
2. Game 3D
2. Game 3D
Setelah munculnya game 2D, berbagai perusahaan
berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi terbaru, sehingga muncullah
tampilan 3D datar (3D Plaine) hal ini sering membuat bingung karena sering
disebut game 2D tapi mereka tidaklah sama. Game seperti ini bukan 2D tapi tidak
juga full 3D. Biasanya gameplaynya memang mirip game 2D dimana kita hanya bisa
bergerak secara horizontal dan vertical namun beberapa gambarnya di render
secara 3D. Teori grafik seperti ini disebut dengan 2.5D atau pseudo-3D
sedangkan pada istilah game lebih dikenal dengan isometric/diametric atau
bahkan trimetric projection. Berbeda dengan game 2D dalam game 3D anda akan menemui
tiga sisi (X,Y,Z). Game bertipe
ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:
-3d object/model :ini merupakan model/ object 3 dimensi yang nantinya akan anda jadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata,musuh, permukaan tanah ,pohon, bukit,dll. Object 3d seperti ini bisa anda buat dengan menggunakan program seperti “3D S.Max”,”Maya”,”Hash”,dll
-3d object/model :ini merupakan model/ object 3 dimensi yang nantinya akan anda jadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata,musuh, permukaan tanah ,pohon, bukit,dll. Object 3d seperti ini bisa anda buat dengan menggunakan program seperti “3D S.Max”,”Maya”,”Hash”,dll
-2d graphic: gambar 2d juga berperan dalam membuat game bertipe 3D
fungsi gambar 2d antara lain:
- sebagai texture untuk object
- sebagai latar belakang ( langit , pemandangan,dll)-
sebagai meteran untuk nyawa , gambar untuk speedometer (untuk game racing),
dll.
Sedangkan untuk membuat animasi dalam 3D dapat digunakan bones(tulang) yang layaknya manusia dapat digerakkan. Selain itu animasi tetap juga dapat menggunakan bitmap (gambar 2d) untuk animasi pada texture air, api,dll.
Sedangkan untuk membuat animasi dalam 3D dapat digunakan bones(tulang) yang layaknya manusia dapat digerakkan. Selain itu animasi tetap juga dapat menggunakan bitmap (gambar 2d) untuk animasi pada texture air, api,dll.
Dari sudut
pandang Dimensi Matematika:
1. Dua
Dimensi Matematika
2D adalah
objek yang diwakili oleh 2 sumbu, yaitu sumbu x dan y (hanya variable), dimana
koordinat dari sumbu x dan y hanya berkutat pada panjang dan lebar itu sendiri,
sehingga bentuk dari dimeni ini hanya bisa dilihat dari atas saja, tidak bisa
melihat kesamping dan kebelakang atau dari bawah.
2. Tiga
Dimensi Matematika
3D adalah
objek yang diwakili oleh 3 sumbu, yaitu x, y dan z. dimana koordinat dari sumbu
x,y dan z membuat objek dari kerangka panjang, lebar dan tinggi. Sehingga
memiliki kedalaman suatu objek. Dan objek tersebut dapat dilihat dari samping
kiri kanan, serta dari belakang juga.
Dari sudut
pandang Grafik Komputer:
1. Grafik
Komputer 2D
Grafik
komputer 2D adalah objek digital berbasis komputer, yang mengambil objek-objek
dua dimensi. Model Grafik 2D adalah kumpulan model geometri/grafik vektor,
gambar digital, fungsi matematika, dan sebagainya. Model-model ini dapat dimodifikasi
dan dimanipulasi oleh transformasi geometri dua dimensi, seperti translasi,
rotasi, dan dilatasi. Model-model yang digunakan pada disain grafis 2D biasanya
tidak mendukung bentuk-bentuk tiga-dimensi, atau fenomena yang bersifat tiga
dimensi, seperti pencahayaan, bayangan, pantulan, refraksi, dan sebagainya.
Namun, mereka dapat membuat model berlapis-lapis (layer), nyata, translusen,
dan transparan, yang dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut
biasanya didefinisikan dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si
penglihat).
2. Grafik
Komputer 3D
Grafik 3D
merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan
bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi. Suatu
objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan
pada permukaan gambar. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke
dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek,
layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek,
dan 3D rendering yang memproduksi image dari objek tersebut. Grafik 3D adalah
sebuah gambar,garis,lengkungan,dan sebagainya yang memiliki titik-titik yang
menghubungkan menjadi sebuah bentuk 3D
Dari sudut
pandang Animasi
1. Animasi
2D (2 Dimensi)
Animasi
jenis ini juga biasa disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari
kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Contohnya misalnya: Looney Tunes,
Tom and Jerry, Scooby Doo, Doraemon, dan lainnya.
2. Animasi
3D (3 Dimensi)
Animasi 3D
adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang
diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya.
Contohnya Toy Story, Monster Inc., Finding Nemo, The Incredible, Shark
Tale. Cars, hingga Final Fantasy. Disini kita bisa melihat perbedaan visual
jika dbandingkan dengan animasi 2D. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan
animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).
SUMBER:
Komentar
Posting Komentar