Teori Game Dan Algoritma Minimax
Teori Game Dan Algoritma Minimax Bab 6
(TUGAS)
Mata Kuliah : Pengantar
Teknologi Game
Nama
: Septian Nugroho
NPM
: 56415482
Kelas
: 3IA21
Nama Dosen : Syefani Rahma
Deski
Konsep Board Game
Board game adalah permainan yang dimainkan oleh
dua orang atau lebih, berupa papan permainan yang telah di desain sedemikian
rupa sesuai jenis permainan, board game bisa menggunakan koin, dadu, pion,
kartu atau semacamnya yang digunakan dengan cara tertentu, sesuai dengan
peraturan tiap-tiap jenis board game.
- Classic board games
Para pemain berlomba mengelilingi papan permainan
atau mengikuti jalan tertentu yang sudah ditentukan untuk mencapai tujuan.
Terkadang sistem poin juga dilibatkan. Esensi permainan ini bukan terletak pada
permainannya melainkan dari pengalaman kebersamaan pemain. Contoh permainan ini
adalah candyland dan ular tangga.
- Euro-style board games
Permainan ini pemenangnya ditentukan oleh poin,
pemain harus mengumpulkan poin untuk memenangkan permainan. Permainan ini
mempunyai tema yang kuat untuk menginformasikan keseluruhan permainan. Ciri
permainan ini mengandalkan strategi seperti settlers of catan, power grid,
carcassone, dan lancaster.
- Startegy board games
Permainan ini memiliki papan atau cerita yang
sangat penting untuk mengarahkan pemain. Permainan ini melibatkan kerjasama dan
kompetisi yang sangat besar, membutuhkan tingkat pemikiran yang tinggi.
Contohnya risk, imperium, arkham horor dan lain sebagainya.
Algoritma Minimax
Algoritma Minimax adalah sebuah algoritma yang
diterapkan pada permainan berbasis Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan),
seperti catur atau yang lainya. Algoritma Minimax akan selalu mengecek semua
kemungkinan yang ada sampai akhir permainan itu dilakukan, kemudian pengecekan
tersebut akan menghasilkan pohon permainan yang berisi semua
kemungkinan-kemungkinan tersebut. Pada permainan yang berbasis Minimax seperti
catur, tentunya dibutuhkan resource yang sangat besar untuk memproses pencarian
pohon permainan tersebut, karena kombinasi kemungkinan untuk permainan catur
pada setiap gerakannya banyak sekali.
Algoritma minimax juga salah satu algoritma
yang sering digunakan untuk game kecerdasan buatan yang menggunakan teknik
depth first search (DFS) dalam pencariannya pada pohon dengan kedalaman
terbatas (Kusumadewi, 2003). Algoritma minimax digunakan untuk memilih langkah
terbaik, dimana kedua pemain akan saling berusaha untuk memenangkan
permainan. Selain itu, algoritma minimax ini bekerja secara rekursif dengan
mencari langkah yang akan membuat lawan mengalami kerugian minimum. Algoritma
minimax mendeskripsikan kondisi apabila terdapat pemain yang mengalami
keuntungan, pemain lain akan mengalami kerugian senilai dengan keuntungan yang
diperoleh lawan dan sebaliknya.
Algoritma Minimax bekerja secara rekursif dan
mampu menganalisis segala kemungkinan pada permainan yang dimanfaatkan untuk
menghasilkan keputusan terbaik, sehingga dapat membuat lawan mengalami kerugian
(Minimum). Semua strategi lawan akan dihitung dengan algoritma yang sama
terus-menerus. Pada langkah pertama komputer akan menganalisis seluruh pohon
permainan, kemudian untuk setiap langkahnya, komputer akan memilih langkah yang
akan membuat lawan mendapatkan kerugian (Minimum) dan membuat komputer itu
sendiri mendapatkan keuntungan (Maksimum).
Dalam rangka untuk menentukan keputusan terbaik
tersebut, dibutuhkan suatu nilai yang merepresentasikan kerugian atau
keuntungan yang akan diperoleh jika langkah tersebut dipilih. Oleh karena itu,
algoritma Minimax menggunakan sebuah fungsi Heurisitic untuk mengevaluasi nilai
sebagai nilai yang merepresentasikan hasil permainan yang akan terjadi jika
langkah tersebut dipilih, sebagai contoh, pada permainan Tic Tac Toe, digunakan
nilai 1,0,-1 untuk mewakilkan hasil akhir permainan berupa menang, seri, dan
kalah. Dari nilai-nilai Heuristic itulah, komputer akan menentukan simpul mana
dari pohon permainan yang paling cocok digunakan komputer untuk menentukan
langkah dalam permainan sehingga meraih sebuah kemenangan.
Referensi
http://adityanugroho42.blogspot.com/
Komentar
Posting Komentar